SAMPAH MENJADI BERKAH

SALAKAN - Kegiatan bersih desa merupakan suatu kegiatan umum yang sering dilaksanakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, serta di daerah pedesaan pada khususnya. Akan tetapi, berbeda dengan kegiatan bersih desa yang dilaksanakan (Minggu, 14 Juli 2019) di daerah Dodogan Gede RT 07/RW 01, Salakan, Teras, Boyolali. Kegiatan bersih desa tersebut dilakukan tidak semata untuk melihat agar daerah sekitar menjadi terlihat bersih dan rapi. Melainkan, kegiatan ini dibuat untuk menciptakan kenyamanan masyarakat dan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Warga berinisiatif untuk mengolah sampah atau limbah menjadi barang yang bernilai jual. Ide tersebut diusulkan oleh seorang warga bernama Suwarno atau yang akrab disapa Bapak Warno, yang tidak lain adalah pemimpin Rukun Tangga/RT 07 Dukuh Dodogan Gede.

Kegiatan bersih desa dilakukan secara rutin setiap hari minggu. Bersih desa ini menjadi kegiatan yang cukup dinanti masyarakat dukuh Dodogan Gede khususnya warga RT 07/RW 01. Pasalnya kegiatan ini selain sebagai kegiatan wajib desa. Kegiatan bersih desa dapat di fungsikan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dalam masyarakat serta dapat menjadi nilai jual tinggi dalam pemanfaatan ulang sampah-sampah yang dapat didaur ulang sebagai barang bernilai. Dari kegiatan inilah yang semula sampah dianggap sebagai limbah menjadi barang yang mendatangkan berkah.

Sampah Menjadi Berkah begitulah sebutan warga Dukuh Dodogan Gede RT 07/RW 01 terhadap kegiatan rutinnya setiap hari minggu pagi. Weekend menjadi kegiatan positif warga dalam meningkatkan budaya gotong royong dalam masyarakat. Selain itu, bersih desa menjadi ladang kesempatan dalam memperoleh pundi-pundi rupiah untuk kesejahteraan bersama. Kekompakan dan keikhlasan menjadi kunci dari keberhasilan kegiatan tersebut. Seperti yang dikatakan oleh  Daru Tri Laksono, S.E. pada hari Minggu, 14 Juli 2019 (07.30 WIB) selaku Kepala Desa Salakan. “Kegiatan ini dilakukan setiap hari minggu, selain sekedar membersihkan lingkungan dari sampah dan limbah, kegiatan ini di fungsikan warga untuk memperoleh keuntungan yang kemudian disatukan untuk menciptakan kesejahteraan bersama, khususnya dukuh Dodogan Gede RT 07/RW 01”.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menciptakan aktivitas yang bermanfaat untuk setiap minggunya. Serta sebagai kegiatan rutin warga yang bisa dilaksanakan untuk mengisi waktu luang agar menjadi kegiatan yang bernilai positif untuk seluruh masyarakat desa pada umumnya.

Berita Terkini
SAMPAH MENJADI BERKAH
Minggu 14 Juli 2019
Pembagian Raskin Desa Salakan
Kamis 15 Maret 2018